SUFI PEJUANG

Berjuang Menggapai Cinta Hakiki

Guru Mursyid dan Kecelakaan Ruhani

Posted by sufipejuang pada Januari 14, 2008

Jalan menuju Allah itu bersifat ruhaniah. Mata lahir dan akal tidak akan mampu melihat jalan ini. Yang mampu melihatnya hanyalah ruh atau hati yang bersih.

Saudaraku, sudah menjadi pengalaman kita, bahwa di jalan raya yang bersifat material banyak terjadi kecelakaan. Padahal, jalan raya yang bersifat material itu, mata lahir kita bias melihatnya.Jalan raya itu juga dilengkapi dengan berbagai rambu lalu-lintas. Tetapi kecelakaan berlaku setiap hari. Ada yang tabrakan, ada yang serempetan, ada yang masuk jurang, ada yang terguling dan berbagai macam kecelakaan bias terjadi di jalan yang begitu jelas terlihat dengan mata kepala kita.

Belajar dari pengalaman ini, tentu kita dapat dengan mudah memahami kenyataan betapa susahnya menempuh jalan ruhani (jalan menuju Cinta Agung). Berbagai macam kecelakaan ruhani menimpa kita setiap harinya.

Coba kita review kembali kecelakaan-kecelakaan ruhaniah yang menimpa kita tiap hari.

  • ada perempuan lewat, mata kita tak berkedip.
  • Di uji oleh Allah dengan kehilangan barang kesayangan, rumah terbakar, hendak menikah ternyata ditinggal kawin oleh calon suami/istri, dll maka kita pun complain dengan Allah. Kita tak puas hati dengan ketentuan Allah. “mengapa itu harus terjadi padaku?”
  • Bila mendapat nikmat, sombong, berbangga hati, tidak bersyukur.
  • Dalam majlis pertemuan resmi dengan Allah (sholat) tidak melahirkan rasa takut, tidak terasa hebatnya Allah. Tetapi bila ketemu dengan presiden tersa takut dan terasa kuasa presiden sehingga kita begitu menjaga adab bila ada pertemuan dengan Presiden.
  • Apabila berdakwah, kemudian dipuji orang maka hati pun berbunga (termasuk lah menulis blog kemudian dipuji postingannya bagus-bagus, maka hatinya berbunga-bunga)

Nah, saking seringnya kita mengalami kecelakaan ruhaniah ini, maka kita perlu pimpinan dari orang yang mampu melihat dan paham jalan ini (jalan ruhaniah menuju Allah). Orang ini disebut guru mursyid. Guru mursyid sangat diperlukan oleh setiap manusia dalam perjalanan ruhani menuju taqwa. Dia dapat memimpin di bidang ilmu, akal atau hati, lahir maupun batin dan dalam semua hal sehingga hidup manusia dapat tertuju kepada Allah. Guru mursyid Allah beri anugerahkan ilmu-ilmu yang luar biasa, ilmu lahir juga ilmu batin.

Karena pentingnya guru mursyid ini, Imam Malik pernah berkata: “Barangsiapa yang tidak mempunyai guru mursyid maka syaitanlah yang akan menjadi gurunya.”

Orang yang bisa memimpin hati/ruhani (guru mursyid), hanyalah orang yang pintu hatinya terbuka, yaitu orang yang mempunyai basyirah. Bukan sekadar akalnya yang terbuka. Banyak orang yang akalnya terbuka, hingga dapat menangkap ilmu, tetapi sangat sedikit orang yang hatinya terbuka. Mursyid itu ialah orang yang hatinya terbuka luas dan dapat memimpin orang lain.

Jadi setiap orang mesti mencari seorang guru mursyid untuk memimpin dirinya walaupun dia alim. Setelah dia bertemu dengan guru mursyid yang layak, maka lahir dan batinnya perlu diserah kepada guru mursyid itu.

 

About these ads

84 Tanggapan to “Guru Mursyid dan Kecelakaan Ruhani”

  1. sungguh MENAMPAR banget tulisan ini…

    Terimakasih atas nasihatnya… !

  2. 2am said

    hanya Baginda Agung Rasulullah SAW yang tidak memiliki guru mursyid, karena Baginda mendapat kelayakan untuk langsung berhubungan dengan Tuhan :)

  3. mac said

    orang harus bertarekat dunk??

    padahal tarekat2 sdh termasuk dari golongan2 orang islam yg diisyaratkan nabi orang islam terpecah menjadi 73 golongan ,dan hanya satu yg selamat ahlussunnah wal jamaah, bisa kasihpencerahan mas?

  4. duniawali said

    Yang dimaksud islam berpecah menjadi beberapa golongan itu adalah berpecah dalam segi aqidah, bukan dari hal-hal yang bersifat furuk…

  5. tarekat2 haq yang ada semuanya ber-i’tiqad Ahlussunah waljamaah…
    silakan cek satu persatu jika ada waktu.

    73 firkah itu dalam hal akidah, tetapi bukan dalam hal fiqih , amalan ataupun hal2 yang sifatnya cabang.

  6. [...] di Guru Mursyid dan Kecelakaan Ru… duniawali di Guru Mursyid dan Kecelakaan Ru… mac di Guru Mursyid dan Kecelakaan Ru… sitijenang di Sepatutnya Berterimakasih, tet… 2am di 7 Peringkat Zalim 2am di Guru Mursyid [...]

  7. tkarso said

    Saya setuju saja guru Mursyid, tapi sulit nyarinya, ada inem, tulkiem, mursyid mah susah. Berarti kalau belajar sendiri gurunya setan dong ? wo wis gak popo wong setan juga ciptaan tuhan ya? Gimana kalau guru kita adalah hati kita? hati yang bersih dari raga yang bersih dari hal-hal haram, mensucikan hati dari penyakit hati………..nah guru kita hati itu?

    #Kalau kita mau mencari Allah akan beri jalan. Lihat sejarah Sayidina salman Al Farisi dalam mencari kebenaran yang di bawa Nabi Muhammad.

    • sayyidina salman alfarisi merupkn Mursyid juga ahli silsilah ke 3, dari Sulaiman Ra dari saidina Abu bakar as-Siddiq

    • :) said

      Thariqoh Naqsabandiah pimpinan tuan guru Syekh H. Gazhali An-naqsabandi, lihatlah silsilahnya
      sarat seorang guru mursyid adalah silsilahnya jelas dari guru keguru, hingga Rasulullah SAW.

    • Roni said

      @Tkarso : anda ini ngaco. hati anda itu kan bersekutu dengan iblis… mana bisa nyampe ke Allah???

  8. 2am said

    “tapi”, memansuhkan kata2 yang di depannya :)

  9. sufimuda said

    setuju banget dengan artikel ini, salam kenal

  10. Jaelani said

    Wah, setuju tuh dengan Guru Mursyid. Namun, ada kesulitan nih ketika harus mencari guru mursyid itu. Apa ada orang yang mengaku : “Woi, woi, saya guru mursyid, siapa yang mau nge-guru ke saya?”. Tentu jawabannya tidak ada pasti. Jadi, kemanakah sya harus mencari guru mursyid itu??

    • suwandi said

      Bila mau cari Guru Mursyd kalau bisa yang berpredikat wali kutub, saya sarankan anda cari info di http://www.jabal qubis.org. dialah seorang guru mursyd yang kutub di jaman ini, beliau ada di Tanjung Morawa Sumatera Utara,

      • @pak wandi: pak wandi bermursyidkan beliau?

      • eddi.JQ said

        Assalam…wr.wb
        saat saya baca komentar pak wandi saya jadi ingin berkenalan ….
        karna kampong saya juga di tanjung morawa tepatnya Pesantren THARIQOH NAQSYABANDIYAH YAYASAN JABAL QUBIS sekarang saya bemukim di THARIQOH NAQSYABANDIYAH YAYASAN JABAL QUBIS Cab.Pasar miring.

    • AKI amien said

      saya urun rembuk mengenai guru muryid ini. kalau saya baca, semua pendapat didasarkan pada analisa, feeling, asumsi dan produk akal lainnya. disisi lain semua setuju bahwa Guru Mursyid ini adalah sesuatu yang batiniah, yang titik fokusnya mestinya di hati. jadi mestinya pendapat itu muncul dari Rasa batiniah yang memang sudah diasah dahulu. Betul, tidaklah gampang cari guru muryid, tapi sebenarnya Alloh swt tidak akan mempersulit meraih sesuatu yang Dia perintahkan.

      Dlm QS Yasin ada petunjuk itu : “Ikutilah : 1. Org yang tidak minta balasan dari manusia, 2. Dan dia sudah senantiasa dalam petunjuk (Muhtadun). Jadi sekali lagi fokusnya bukan ke lahiriah/tampilan lahirnya (Tampang, Pakaian, atribut pangkat, Gaya bicara, banyaknya hafalan hadist dsb). Karena guru mursyid adalah “wujud batin dibalik yang lahir” Bahkan kalau maua dilihat secara lahiriah, kebanyakan dari mereka adlah org yang “kontroversial” yang dicibir dan dimusuhi pada zamannya.(Buka Sejarah)

      Sebenarnya guru muryid sejati tiada lain adalah Malaikat yang diturunkan Alloh kepada manusia Iman. (… sesunggungya orang yang QOLU robbunalloh, kemudian dia istiqomah, MAKA AKAN AKU TURUNKAN KEPADANYA MALAIKAT, DIALAH YANG MENJADI PEMBIMBINGMU…)
      tetapi SEBELUM ANDA MENEMUKAN GURU BATINIAH ANDA SENDIRI, ANDA MUTLAK HARUS MENGIKUTI SESEORANG MANUSIA yang kriterianya seperti QS yasin tadi, MAU TIDAK MAU, SUKA ATAUPUN TIDAK, KARENA … “Tangan-tangan Alloh diatas tangan-tangan mereka… AL-FATH:10)

      Semoga segera Alloh memberimu jalan…

  11. Gimana tuh cara nyari guru mursyid??

  12. bayumariachi said

    isitkharah

  13. Higita cahaya salwa said

    Alhamdulillah…
    idem, dengan kata setuju utk artikel ini.
    mau minta petunjuk TUHAN ttg Guru Mursyid ah.. :-)

  14. [...] mac Berkata: [...]

  15. Sarmili said

    Mursyid itu orang yang selalu mendampingi kemana pun murid itu pergi, jadi apa yang dilakukan oleh murid mursyid, maka mursyid itu tahu.

  16. Komentar

  17. Cheklie said

    Guru mursyid teh biasanya pikageuleuheun ustad padahal ilmu tauhidnya singnggak ada tanding .Sok nyumput buni tinu caang

  18. puji wahyuningsih said

    Alhamdulillah, saya termasuk orang yang sangat beruntung……. sudah 5 bulan saya masuk THARIQOT NAGSYABANDIAH,
    MELALUI perjalanan yang panjang hingga aku menemukan seorang mursyid,
    bagi orang yang belum tahu tentang mursyid, pasti akan berkomentar seperti kaka2 diatas, tidak apa2, karena saya juga seperti itu… tapi sekarang bener2 yakin akan kebenaran seorang mursyid….
    semoga kaka2 selalu diberikan petunjuk oleh ALLOh SWT. Amiiinnn……..

  19. Assalamualaikum
    subhanAllah…
    Good description !
    I do admit
    Yg jd pemikiran ana akhir2 ini.
    Dr skian banyak pembahasan mengenai tasawuf
    bgmana kta meleburkan pemahaman tersbut pd Al-islamiah yg bersandar pd satu kebijakan- BIROKRASI ILLAHIAH?
    Dinul islam kan iman, islam dan ihsan
    Menyentuh pda smua ranah-bersifat rahmatan lil alamin.

  20. assalamualaikum !

    bang sufi pejuang sudah lama ya blog nya tidak di posting !
    ana suka dengan tuisan -tulisan antum , sesuai dengan apa yang ana butuhkan , ayo bang sufi pejuang , semangat !

  21. Endang said

    Lam Kenal, Berusahalah dengan tekun, cobalah buka riwayat al-qusyairiah. Di sini anda akan mendapat ilmu hakikat menuju Allah. tapi yang harus kita lakukan berusaha sekuat tenaga adapun hasilnya Allah yang menentukan.

  22. Alhamdulillah setelah saya hanya menjadi ulat di daun,sekarang saya menjadi kepompong,proses menjadi kupu2 setelah bertemu dg seorang Mursyid

  23. Sidiq ahmad said

    Apakah anda sudah bertemu dengan guru mursyid???
    kalau sudah,siapa namanya dan alamatnya dimana..?

  24. Nurilma said

    Mas,tahu tdk guru mursyid yg domisili di sekitar semarang?

  25. abib said

    acc n ok

  26. I Made Sudiarta Manuaba said

    mohon izin mas,
    saya pernah dengar “jika mau dengar ttg GURU MURSYID harus dari orang yang sudah kenal dgn GURU MURSYID nya” dan orang yang sdh ketemu GURU MURSYID nya belum tentu bisa mempertemukan seseorang dgn GURU MURSYID yang bersangkutan.

    dan katanya lagi “Mereka yang bisa” mempertemukan kita dgn Guru Mursyid akan datang apabila diri kita / wadahnya sudah siap/pantas.

    mohon penjelasan.
    terima kasih.

  27. m.husaini said

    guru mursyid bisa saja orang yg sudah anda kenal tapi selama ini interaksi kita belum menjurus ke arah pemikiran tentang ketuhanan.
    Ini terjadi pada pengalaman pribadi saya.

  28. iwan ronnie said

    perbanyak ibadah dan berserah diri kepada Allah, serta ikhlas menjalankan ibadah

  29. agus abu said

    Assalaamu ‘alaikum mas nepangkeun saya teh mang agus tukang rongsok. kita memang bisa menjadikan hati kita sbg guru mursyid, tapi hati kita harus bersih dulu. masalahnya orang yg berguru kpd hatinya berarti ia menganggap hatinya telah bersih dan itu merupakan hijab. kita tetap memerlukan seorang guru mursyid spz tidak tertipu oleh keakuan kita sendiri. jgn sampai kita merasa telah mendapatkan suatu makrifat padahal mentok di depan hijab. salam hormat kepada teman2 khususnya kpd sufi muda. oya mang agus punya buku berjudul MENJADI WALI ALLAH yaitu ttg praktek memasuki martabat tujuh melalui 7 lathifah dan 2O muraqabah serta 15 maqam kewalian. bagi yg berminat dgn buku tersebut hub 0856 7368 179. wassalaamu ‘alaikum

  30. agus abu said

    Assalaamu ‘alaikum mas nepangkeun saya teh mang agus tukang rongsok. kita memang bisa menjadikan hati kita sbg guru mursyid, tapi hati kita harus bersih dulu. masalahnya orang yg berguru kpd hatinya berarti ia menganggap hatinya telah bersih dan itu merupakan hijab. kita tetap memerlukan seorang guru mursyid spz tidak tertipu oleh keakuan kita sendiri. jgn sampai kita merasa telah mendapatkan suatu makrifat padahal mentok di depan hijab. salam hormat kepada teman2 khususnya kpd sufi pejuang n sufi muda. oya mang agus punya buku berjudul MENJADI WALI ALLAH yaitu ttg praktek memasuki martabat tujuh melalui 7 lathifah dan 2O muraqabah serta 15 maqam kewalian. bagi yg berminat dgn buku tersebut hub 0856 7368 179. wassalaamu ‘alaikum

  31. Muhammad Amin Santoso said

    Aswrwb, salam hormat, mohon bantuannya untuk memberitahu saya Guru Mursyid nama dan alamatnya, saya betul-betul ingin berguru, terima kasih, wslm

  32. ain rahman said

    kepada bapak jaelani.
    jika anda mau mencari guru mursyid,cari di majelis-majelis dzikir atau di pasantren-pasantren / ulama-ulama yg melakukan syi’ar atau ceramah-ceramah di masjid atau di mana saja.jk anda mau yang lebih mendalam,anda bisa ke majlis dzikir di tanjung hulu,perum 4 pontianak.jika anda jauh di luar pontianak,anda bisa buka di web “ismul haq.com”,
    terima kasih.
    ain rahman ahlussunnah wal jama’ah.

  33. salam/……. nma saya syihk.m abdulrahman hrh saya tinggal pipit 5 no.458 saya punya guru mursyd

  34. saya para membantu buka kunci keramat ayahanda guru

  35. fauzi@nt said

    ,hmmm.. kalo beliau bkan kiai bkan ustadz..,cm petani trus rmhnya gubuk gt, trmsuk guru mursyid bkan y??..Bliau skolah SD aj gk tmat,plgi bwt mndok dipesantren?
    Tp subhanalloh, beliau kok paham al qur’an dan mknanya qur’an ya??
    stiap blan haji bliau gk prnh telat untk brhaji..tetangganya aj mpe ada yg gk pcya wkt brhaji ktmu bliau dimekkah..,pdhl pd wkt yg brsmaan bliau msih sibuk ngurus sawah..,hmmm ap mungkin y trjdi?..Ngurus swah drumah skalian brhaji di mekkah??..Allohu akbar…,alif lam mim,

  36. amar said

    saya setuju dengan artikel ini,,,, manusia tanpa guru mursyd tdk akan benar, krn haya guru mursyd yg bisa membawa kita kejalan allah,untuk menpuh keridhoan’y,,,
    karna manusia melkat dengan napsu,

    dan saya setuju manusia tanpa guru mursyd, guru’y setan

  37. Mas, kini sya teh lg nyari mursyid. Supaya sya tajali sbelum wktu mati sya..
    Tlong bri pngarahan mas..

  38. erwin said

    guru mursyid itu guru yang bisa bikin pinter muridnya orang gila pun bisa pinter orang bodoh bisa pinter yang ga tau jadi tau mau tau dimana nyarinya bersihkan hati nya dulu ntar jg ada yg bimbing ke guru mursyid semua orang padahal bnyk kesempatan ketemu guru mursyid cuma guru mursyid ga keliatan bukan berarti kaya jin ga nampak tapi gak kaya kia atau ustad yg terkenal tapi sama kaya kita2….intinya hati bersih dengan hati bersih allah pasti ngasih jalan ketemu guru mursyid

  39. eddi.JQ said

    kalo ingin mencintai Allah carilah guru yang bisa menghantarkan ruhani
    dan jasmani kepada rasa cinta, guru yang berpegang kepada Al Qur’an dan Hadist, guru yang bersisilah,guru yang bisa membimbing baik tuk akhirat dan dunia.

  40. nur said

    Mas, kalau. Di jawa timur ada petunjuk nggak guru mursyid bisa di jumpai dimana?

  41. Roy Gentle said

    Ada beberapa pertanyaan setelah membaca ulasan anda:
    1. apakah guru mursyid antara satu orang dengan lainnya berbeda?
    2. apakah guru mursyid itu harus dirahasiakan bagi yang sudah ketemu?
    3. apakah jika anda sudah ketemu guru mursyid anda, lantas dia juga bisa menjadi guru mursyid saya. Jika ya, mohon dibertahukan kepada saya.

    Mhn penjelasannya
    Terima kasih

  42. bonekSARKUB said

    d wilayah jawa timur khusus nya mojokerto sy mengenal guru mursyid bernama ahmad rosyadi, beliau lah yg mengenal dan membimbingku menuju jalan kpd Allah swt bg ku beliau org yg sangat zuhud.
    cobalah setiap selesai sholat jumat anda pergi k makam syekh syarif jumadil kubro troloyo trowulan mojokerto beliau selalu d sana stiap hr jumat, klo krg paham cb nak hbg i nmr ini 03170145987

  43. Roslan HASSAN said

    alhamdulillah kat Malaysia saya telah bertemu dengan guru mursyid,memang dulunya saya sesat tp skrg alhamdulillah dipertemukan pembimbing menuju Allah.tapi betul saudara jalan bertemu Allah memang sukar….jika tiada pembimbing kita akan terus terusan sesat hingga akhir hayat.

  44. toen said

    sungguh aku ingin mengenal tuhanku…….

  45. ibnu said

    saya di samarinda adakah guru mursyid yang dekat ?

  46. Taklehang said

    Assaaálammualaikum W.B.
    banyak2 membaca Al-Quran,dibaca & dikaji.Dibaca berulang2 kali.sampai kita mengerti.
    Insyaallah,nanti Allah memberi petunjok: Surah Al-Maeda,ayat111,”Dan ingatlah, ketika AKU ilhamkan kpd pengikut Isa yg setia:”Berimanlah kamu kpd-KU& kpd Rasul-KU”.mereka menjawab;Kami telah beriman & saksikanlah (wahai Rasul)bahwa sesungguhnya kami adalah org2 yg patuh kpd seruanmu”.
    JIkalau benar kita ingin mencari guru mursyid
    ,dan kita telah khatam membaca Al-Quran,1 soalan saja yg ingin sy bertanya,äpakah gelaran atau pangkat yg tlah Allah berikan kpd malaikat Jibrail a.s.,selain Ruhul Kudus?
    Sy mohon maaf banyak2 sekiranya penyampaian sy menyinggung perasaan saudara2 sekalian.Bukan niat sy untok mendidik atau menguji.tapi hanya setakat berkongsi ilmu pengetahuan.Itu saja,
    Sesungguhnya yg mendidik & menguji adalah milik Allah Azza Wa Jalla.
    Wassallam

  47. Siti M said

    Bgus bgt ulasannya… Sy prnah dngar klo wanita susah menemukan jln makrifat bnr ga sih… Ktnya trlalu byk hjab… Klo d hongkong ada mursyid mursyid ga ya…

  48. a said

    kalo seorang punya guru mursyid lebih dari satu itu gimana ya………………..

  49. hambaAlloh said

    Assalamu’alaikum wr wb….
    Carilah Guru Mursyid yang Kamil mukamil sampai berjumpa….
    Cobalah minta petunjuk kepada Alloh siapa manusia Agung tersebut…..
    Caranya: kirim Hidiyah Fatehah 1000x tiap hr, ditujukan kepada Ghoutzu Hazdaz Zaman RA(Sulthonul Auliya’ fii Zamanihi/Ratunya wali zaman sekarang) sebab keyakinan bab ini tidak bisa hanya dengan membaca/mendengar cerita orang saja…kita harus membuktikannya sendiri…..selamat mencoba….jangan putus asa….semoga mendapat Hidayah , Amiin…

  50. di lampung sapa guru mursydnya?metro lok ada saya mau belajar…..

  51. nurhadi said

    aamiin,doakan saya ya biar sgera dapet gru musyrid

  52. etong said

    insyaallah saya bertemu dgn guru mursyid & berguru kepadanya.

  53. Andi said

    Kenapa lahir dan bhatin kita, mesti kita serahkan kepada guru mursyid..kenapa tdk lngsung aja pada allah yg menciptakan kita bukankah allah maha segala2..kemudian apa tandanya bahwa seorang itu mursyid..bukankah allah yg lbh tau diantara kamu mana yg bertaqwa dan beriman…

  54. Dije said

    Kalo di bandarlampung, saat ini masih adakah mursyid yang mengajarkannya secara terbuka namun terstruktur

  55. Keong said

    Assalamu’alaikum, pambaca yang budiman, ramai orang membicaran Guru Mursyid dan perkara tentang Guru Mursyid, tapi belum pernah mengenalnya, saya sudah bertahun-tahun mencarinya tapi usahaku sisi, mungkin lewat artikel ada yang bisa memperkenal Guru Mursyid yang sebenarnya,
    Pembaca yang budiman, sudihlah kiranya mengenalkan diri bila sudah sampai tingkat Guru Mursyid atau mengenal Guru Mursyid yang masih hidup.
    Wassalam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: