Susahnya Mengubah Perangai Manusia

Mengubah gunung lebih mudah daripada mengubah perangai manusia. Kita lihat bagaimana Freeport saja dalam waktu kurang dari 30 tahun mampu mengubah bukit menjadi lembah 🙂. Mengubah hutan yang lebat menjadi pekan atau Bandar itu pun lebih mudah daripada mengubah tabiat seorang manusia. Mengubah laut menjadi daratan juga masih lebih mudah daripada mengubah sifat jahat manusia menjadi baik.

Dunia ini lebih mudah diubah daripada penghuninya di kalangan manusia. Kita lihat diri kita, sejak kecil kita pemarah. Sampai sekarang pun kita masih pemarah. Waktu kecil kita bakhil, sampai sekarangpun kita masih bakhil. Padahal kita tahu bakhlil itu sifat jahat. Begitulah penglaman kita mendidik diri kita dan diri orang lain di sekitar kita. Padahal, dalam waktu yang sama dunia di sekitar kita sudah berubah dengan pesatnya.

Karena itulah Allah datangkan Nabi dan Rasul untuk mendidik manusia (di zaman masih ada Nabi dan Rasul). Setelah zaman ketiadaan nabi dan Rasul, Allah utus ulama yang berwatak rasul alias ulama pewaris Nabi. Ulamam yang mewarisi segala sifat dan sikap Nabi. Akhlaknya, kepemimpinannya, keberaniannya, berhikmahnya, teladannya, semuanya mewarisi sifat-sifat Rasul.

Dari fakta sejarah dan pengalaman kita, kita bias simpulkan bahwa untuk membangun peradaban lahiriah siapa saja bisa melakukannya. Bila sarat-saratnya terpenuhi, kemajuan lahiriah di dunia kan bias dicapai. Akan tetapi, untuk membangun insaniah manusia diperlukan pemimpin yang bukan calang-calang pemimpin. Bukan sembarang pemimpin bias mengubah dan mendidik insaniah manusia. Insaniah manusia hanya mampu didik oleh pemimpin dan guru yang bertaqwa.

7 thoughts on “Susahnya Mengubah Perangai Manusia

  1. mengubah perangai manusia? hmmm…

    Karena susah itulah Tuhan mengirimkan Nabi dan Rasul…( orang2 RUHANI ), yang berikutnya adalah para Mujaddid…

    Kalau hanya orang2 CENDIKIAWAN atau INTELEK ( orang2 akal seperti Plato cs.. ) Nonsense akan berhasil… Buktinya hari ini, banyak orang pintar, tapi bertambah masalah & semrawut dunia ini…

    Dunia sudah kehilangan Orang2 Ruhani yang mewarisi Nabi dan Rasul…

    Kalau mau mengubah Perangai manusia..carilah orang Ruhani, bertanyalah kepada AHLAZ ZIKRI ( Ahli Zikir )

  2. Ping-balik: ‘abduLLAH Al Haqiem » Blog Archive » perlu tarekat

  3. Tuhan maha kuasa, mengubah perangai atas dua sebab
    1) kesedaran manusia sendiri
    2) kuasa diturun pada manusia untuk mengubah
    berdasar perkara ini susah mengubah perangai. Namun kehendak Tuhan maka kuasa itu telah pun turun. Cuma manusia tidak mahu berubah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s